Apa itu Pembelajaran Fisika Inovatif ?

Fisika merupakan suatu ilmu pengetahuan alam yang mempelajari mengenai fenomena dan kejadian di alam sekitar. Pembelajaran fisika tidak hanya terbatas pada belajar fakta, konsep, prinsip, hukum, tetapi juga belajar tentang cara memperoleh informasi, penerapan teknologi, bekerja secara ilmiah, dan kemampuan berpikir. Pembelajaran fisika sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa sehingga siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tetapi diharapkan juga dapat memiliki pola pikir yang runtut dan kreatif. Tetapi seperti yang kita ketahui, banyak siswa yang merasa fisika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami karena melibatkan konsep dan rumus. Menurut kebanyakan siswa hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan cenderung sama (monoton) sehingga membuat siswa mengalami kejenuhan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini pembelajaran fisika yang inovatif sangat diperlukan. Sebelum kita membahas mengenai pembelajaran fisika inovatif, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian pembelajaran inovatif?

Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun pengetahuan secara mandiri menuju pembaharuan yang lebih baik dan merupakan upaya baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, pendekatan, sarana dan suasana yang mendukung untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran inovatif lebih mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model pembelajaran inovatif terdiri dari bermacam macam model pembelajaran tetapi yang sering digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu diantaranya model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan model pembelajaran berbasis Web (E-Learning).

Dalam mewujudkan pembelajaran fisika yang inovatif, seorang guru harus memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Karakteristik siswa meliputi pemahaman siswa, model belajar siswa, serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Proses pembelajaran fisika berdasarkan karakteristik materi sangat penting karena materi fisika memiliki karakteristik materi yang berbeda-beda dan tidak bisa disampaikan jika hanya menggunakan satu jenis model/metode pembelajaran. Pembelajaran fisika inovatif ini sangat diperlukan dan bertujuan untuk proses pembelajaran fisika yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga siswa diharapkan dapat memahami materi dengan mudah dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Terdapat beberapa pembelajaran fisika inovatif berdasarkan karakteristik siswa dan karakteristik materi diantaranya pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi seperti pengembangan media pembelajaran inovatif fisika berbasis Swishmax, pengembangan mobile pocket book fisika sebagai media pembelajaran berbasis android dan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Macromedia Flash.

DAFTAR RUJUKAN

Khumaidi, A. & Sucahyo, I. 2018. Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 154-158

Masni, H. & Hutabarat, Z., S. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Lash Animation With Swish Max Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 257-268

Purwadhi. 2019. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21-34

Pratama, N. S., & Istiyono, E. 2015. Studi pelaksanaan pembelajaran fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) pada Kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(2), 104-112

Komentar