Apa itu Pembelajaran Fisika Inovatif ?
Fisika
merupakan suatu ilmu pengetahuan alam yang mempelajari mengenai fenomena dan kejadian
di alam sekitar. Pembelajaran fisika tidak hanya terbatas pada belajar fakta, konsep,
prinsip, hukum, tetapi juga belajar tentang cara memperoleh informasi,
penerapan teknologi, bekerja secara ilmiah, dan kemampuan berpikir.
Pembelajaran fisika sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan
siswa sehingga siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tetapi
diharapkan juga dapat memiliki pola pikir yang runtut dan kreatif. Tetapi
seperti yang kita ketahui, banyak siswa yang merasa fisika merupakan mata pelajaran
yang sulit untuk dipahami karena melibatkan konsep dan rumus. Menurut kebanyakan
siswa hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional
dan cenderung sama (monoton) sehingga membuat siswa mengalami kejenuhan dalam
kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini pembelajaran fisika yang inovatif sangat
diperlukan. Sebelum kita membahas mengenai pembelajaran fisika inovatif, kita
harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian pembelajaran inovatif?
Pembelajaran
inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk membangun pengetahuan secara mandiri menuju pembaharuan yang lebih baik
dan merupakan upaya baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai
metode, pendekatan, sarana dan suasana yang mendukung untuk tercapainya tujuan
pembelajaran. Pembelajaran inovatif lebih mengarah pada pembelajaran
yang berpusat pada siswa. Model pembelajaran
inovatif terdiri dari bermacam macam model pembelajaran tetapi yang sering
digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu diantaranya model pembelajaran
kooperatif (Cooperative Learning), model pembelajaran berbasis masalah (Problem
Based Learning), model pembelajaran berbasis proyek (Project Based
Learning) dan model pembelajaran berbasis Web (E-Learning).
Dalam mewujudkan pembelajaran fisika yang inovatif, seorang
guru harus memahami karakteristik
siswa
dan karakteristik materi. Karakteristik siswa meliputi pemahaman siswa, model belajar siswa, serta
kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Proses pembelajaran fisika berdasarkan karakteristik
materi sangat penting karena materi fisika memiliki karakteristik materi yang
berbeda-beda dan tidak bisa disampaikan jika hanya menggunakan satu jenis
model/metode pembelajaran. Pembelajaran fisika inovatif ini sangat diperlukan dan bertujuan untuk
proses pembelajaran fisika yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga siswa diharapkan dapat memahami materi dengan mudah dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Terdapat beberapa pembelajaran fisika inovatif
berdasarkan karakteristik siswa dan karakteristik materi diantaranya pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi seperti pengembangan media pembelajaran inovatif fisika berbasis Swishmax, pengembangan mobile
pocket book fisika sebagai media pembelajaran berbasis android dan pengembangan media pembelajaran
fisika berbasis Macromedia
Flash.
DAFTAR RUJUKAN
Khumaidi, A. & Sucahyo, I. 2018. Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 154-158
Masni, H. & Hutabarat, Z., S. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Lash Animation With Swish Max Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 257-268
Purwadhi. 2019. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21-34
Pratama, N. S., & Istiyono, E. 2015. Studi pelaksanaan pembelajaran fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) pada Kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(2), 104-112
Komentar
Posting Komentar